5 Alasan Perusahaan Harus Perhatikan Cyber Security

Sekitar 43% kejahatan dunia maya diarahkan ke bisnis kecil. Penjahat tahu bahwa UKM adalah target yang lebih mudah dituju daripada bisnis yang sudah besar dan berkembang. Sebagaimana data kejahatan yang telah ada maka Anda sebagai pemilik bisnis harus mulai fokus untuk menjaga sistem dan data Anda tetap aman dengan Cyber Security Indonesia.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan perlu fokus dan serius pada cyber security terutama sekali di Indonesia.

Alasan Perusahaan Harus Perhatikan Cyber Security terutama di Indonesia.

1. Kejahatan Cyber Lebih dari Sekedar Gangguan

Beberapa pemimpin bisnis  mungkin merasa telah selesai melakukan pekerjaan mereka dengan hanya mencadangkan data mereka. Namun, penjahat cyber tidak hanya tertarik untuk membuat keisengan belaka karena penjahat cyber adalah pencuri.

Kejahatan cyber adalah bagaimana mereka mencuri informasi identitas pribadi, merampok rekening bank,mengajukan pengembalian pajak palsu, mengantongi pengembalian uang, melakukan penipuan asuransi dan kesehatan.

2. Kasus Kehilangan Data

Banyak sekali bisnis kecil yang kehilangan datanya karena kasus kejahatan ini. Bahkan ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa sekitar 60% perusahaan kecil yang menjadi korban serangan dunia maya mengalami kerugian dan bangkrut dalam waktu enam bulan.

Tanpa asuransi yang tepat, Anda dapat segera dikeluarkan dari bisnis. Pemimpin bisnis kecil benci mengambil biaya baru, tetapi berinvestasi dalam asuransi cyber mungkin merupakan investasi paling cerdas yang dapat dilakukan oleh Anda selaku pemimpin UKM.

Kebijakan cyber dan privasi mencakup sejumlah besar kerusakan yang disebabkan oleh serangan seperti :

  1. Denda dan hukuman
  2. Kerugian akibat pencurian identitas
  3. Biaya notifikasi
  4. Pemantauan kredit

3. Keamanan Perangkat Seluler

Jika Anda memiliki protokol keamanan yang bagus di kantor, banyak bisnis gagal memberikan tingkat keamanan yang sama untuk karyawan yang menggunakan ponsel dan tablet.

Perangkat ini tidak hanya berisi data berharga tetapi digunakan untuk mengakses data yang disimpan di sistem milik perusahaan.Saat mengakses seluler, ada celah keamanan yang signifikan ketika ponsel dicuri atau ponsel hilang.

4. Beragamnya Jenis Serangan Cyber

Karyawan dapat membuka email yang salah (phishing), yang memungkinkan malware untuk menyerang sistem operasi mereka dan membahayakan data mereka dan mungkin data Anda. Jika Anda tidak fokus pada keamanan, maka Anda bisa melakukan hal-hal seperti:

  1. Mendidik karyawan Anda tentang keamanan cyber / data
  2. Menetapkan persyaratan kata sandi yang ketat
  3. Memanfaatkan biometrik (identifikasi sidik jari)
  4. Melarang opsi “ingat saya” dari akun mana pun
  5. Menghindari Wi-Fi gratis (sebagian besar tidak memiliki keamanan nyata, jadi habiskan sedikit lebih banyak pada paket data Anda)
  6. Memasang perlindungan anti-virus

Kejahatan cyber ini sebenarnya bukan karena faktor penjahat cyber saja tapi terkadang juga disebabkan departemen TI yang secara tidak sengaja dapat mengekspos perusahaan kepada peretas.

5. Kesadaran yang Rendah Tentang Cyber Security

Sementara itu banyak karyawan di Indonesia tidak selalu ahli dalam keamanan cyber. Jika tenaga kerja memiliki pengetahuan yang umum maka hal itu bisa terhindar dari ancaman peretasan. Anda kekurangan orang yang bisa memberikan solusi keamanan untuk membantu mempertahankan keamanan perusahaan Anda? Anda bisa mempercayakan pada perlindungan antivirus.

Perlindungan anti virus yang bagus untuk perusahaan Anda adalah F-Secure. Perusahaan Cyber Security menjaga keamanan segala informasi perusahaan Anda. Tentu saja dengan segala kelebihan dari anti virus ini, sayang sekali jika perusahaan Anda tidak dilindungi. Jika Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada bisnis Anda, maka anti virus satu ini bisa Anda perhitungkan.

2018-11-26T00:37:33+07:00