Waspadai Ancaman Keamanan Cyber

Sebagian besar perusahaan telah memahami pentingnya menangani keamanan internet. Dengan hampir banyaknya bisnis kecil yang mengalami serangan dunia maya.

Risiko kurangnya cyber security memiliki banyak sekali resiko. Maka dari itu Anda perlu menggunakan Cyber Security Indonesia untuk menjaga privasi perusahaan Anda agar tidak diretas oleh para penjahat cyber.

Pentingnya Menangani Ancaman Keamanan Cyber dengan Cyber Security Indonesia
Beberapa alasan di bawah ini bisa membantu Anda untuk memikirkan lebih jauh kepentingan keamanan perusahaan Anda, di antaranya adalah sbb.

1. Mengompromikan Data Pribadi

Perusahaan saat ini sangat bergantung pada data yang mereka kumpulkan, apakah itu informasi pasar, berbagai detail akun atau informasi pribadi pelanggan.

Jika peretasan maya terjadi, tidak hanya ada kesempatan bagi informasi ini untuk dicuri oleh entitas lain. Data perusahaan juga dapat diubah dengan cara yang drastis dan merusak keandalan operasional perusahaan.

2. Biaya Pemulihan yang Mahal

Tidak hanya pelanggaran keamanan yang menempatkan informasi beresiko, tetapi juga ada dampak keuangan yang berpotensi merusak. Peretasan yang terjadi bisa terus memengaruhi bisnis Anda hingga dua tahun setelah kejadian.

Baik itu dalam bentuk pelatihan TI baru, memperoleh perangkat software atau proses pemulihan data yang lama dan panjang. Waktu pemulihan bisa sangat mengganggu dan menghabiskan banyak biaya.

3. Melemahkan Kepercayaan Client

Biasanya, pelanggan tidak suka mendengar bahwa informasi pribadi mereka telah disusupi. Setelah serangan cyber terjadi pada perusahaan yang awalnya dipercaya untuk menjaga data mereka tetap aman, akhirnya pelanggan kecewa.

Tidak jarang pelanggan dapat memutuskan untuk menghentikan bisnis mereka dan mencari layanan di tempat lain.

Bocornya data ini tentu saja menodai reputasi perusahaan. Biasanya, pelanggan tidak suka mendengar bahwa informasi pribadi mereka telah diretas pula.

4. Tidak Semua Penyedia Cloud Diciptakan Sama

Ketika Anda memasukkan data Anda di cloud, Anda menaruh kepercayaan pada kemampuan penyedia cloud Anda untuk mengamankan data Anda.

Mulai dari data informasi pelanggan, informasi pribadi karyawan, dan banyak lagi.Namun ketika memeriksa aplikasi cloud potensial, tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya lebih percaya diri menangani keamanan saya sendiri, atau apakah saya merasa aplikasi cloud saya lebih siap untuk melindungi data berharga saya?”

Sangat penting untuk mengetahui apa yang dilakukan aplikasi Anda dalam hal keamanan. Di antara hal-hal yang perlu diselidiki:

  1. Berapa banyak karyawan yang bekerja secara eksklusif untuk keamanan?
  2. Klien mana yang menaruh kepercayaan mereka pada penyedia?
  3. Apa sejarah penyedia dengan pelanggaran?
  4. Bagaimana data saya disimpan?
  5. Apakah data saya akan digabungkan dengan data klien lain?

Ada banyak penyedia cloud dan mempercayakan semua data hanya pada aplikasi cadangan adalah salah satu keputusan bisnis yang tidak boleh dibuat dengan murah. Ketika menyangkut keamanan, Anda benar-benar harus mendapatkan hal yang sepadan.

Untuk mencegah kerugian ini, Anda selaku pemilik bisnis perlu memberi perhatian khusus pada apa yang mengarah pada insiden keamanan cyber ini. Hampir 90% dari pelanggaran data disebabkan oleh kesalahan atau perilaku buatan manusia yang jahat.

Ketahuilah, penjahat cyber akan datang meretas apa yang Anda punya, apalagi cyber security agency Indonesia masih sangat minim sekali. Apakah Anda sudah melakukan cukup banyak untuk melindungi data Anda?

Sudahkah Anda menyimpan data Anda di tangan yang lebih tepat agar selangkah lebih maju dari orang-orang jahat yang hendak meretas? Percayakan saja keamanan cyber perusahaan Anda dengan Aryaputera.

2018-11-26T00:53:10+07:00